Today January 17, 2021

Kisah Pendaki dan Cerita Horor

Memberikan Bacaan Cerita Horor Pendaki Terbaru

6 Mitos horor dan cerita mistis di gunung, angker tapi jadi favorit pendaki

6 Mitos horor dan cerita mistis di gunung, angker tapi jadi favorit pendaki – Kawasan alam di kurang lebih jalan pendakian gunung, ternyata tak hanya menawarkan panorama indah, namun tersedia pula mitos horor dan cerita mistis yang beredar di kalangan pegiat pendaki gunung. Uniknya, meski dikenal angker, sejumlah gunung ini jadi favorit para pendaki.

6 Mitos horor dan cerita mistis di gunung, angker tapi jadi favorit pendaki

6-mitos-horor-dan-cerita-mistis-di-gunung-angker-tapi-jadi-favorit-pendaki

Mitos horor dan cerita mistis di gunung merupakan sebuah kisah yang umumnya dikenalkan oleh warga setempat kepada sejumlah kelomok yang idamkan mendaki.

Adapula cerita mistis gunung ini berkembang di kalangan para pendaki berdasarkan pengalaman yang ia rasakan kala beraktivitas di gunung.

Tak heran kecuali saat ini banyak saluran YouTube yang sering membahas seputar mitos dan cerita mistis yang tersedia di gunung.

Setiap gunung di Indonesia tentu saja miliki cerita dan mitos masing-masing. Pasalnya, cerita rakyat yang belum pasti kebenarannya ini udah jadi budaya rakyat setempat dan udah diceritakan secara turun-temurun.

Bagi yang pernah mendaki, pasti tak asing bersama mitos-mitos semacam ini, gara-gara kala mendaki rasanya cerita horor dan mistis sebetulnya sering jadi pembahasan yang menarik dikalangan pendaki.

Meski begitu, banyak pula yang menilai bahwa mitos-mitos ini sengaja dibuat oleh para leluhur supaya manusia sanggup melindungi kelestarian alam khususnya di kurang lebih gunung.

Buat anda yang penasaran dan gemar mendaki, kurang lebih apa saja sih mitos-mitos yang tersedia di gunung?

Mitos dan cerita horor Gunung Salak
Gunung yang terdapat di Jawa Barat ini, ternyata tidak miliki interaksi bersama buah salak. Salak yang dimaksud adalah ‘Salaka’ yang berasal dari bhs Sansekerta yang berarti Perak.

Masyarakat setempat, khususnya orang sunda mempercayai Gunung Salak sebagai tidak benar satu gunung suci. Gunung ini jadi area menghilangnya pendiri Kerajaan Padjajaran, Prabu Siliwangi dan juga bersemayamnya para batara dari kayangan.

Beberapa kejadian menyeramkan sering berlangsung di sana, tidak benar satunya wilayah jatuhnya pesawat Sukhoi Superjet-100 yang menewaskan 45 orang terhadap 2012 silam.

Selain itu terdapat pula cerita perihal wanita tua penunggu tebing, jeritan minta tolong dari area jatuhnya pesawat Sukhoi hingga alunan musik tradisional di tengah hutan.

Mitos dan cerita horor Gunung Merapi
Gunung yang dikenal sering erupsi ini berada di perbatasan pada Jawa Tengah dan Yogyakarta. Selain dikenal tingkat erupsinya, banyak pula beredar kisah mistis di tanah yang akrab bersama Keraton Mataram ini.

Kabarnya, sebelum saat capai puncak gunung anda harus lewat area bebatuan dan berpasir yang dikenal bersama nama Pasar Bubrah. Mitos dan cerita penduduk setempat memercayai wilayah ini sebagai area yang angker.

Tak sedikit pula para pendaki yang jadi diganggu roh halus di sini. Gangguannya berbentuk sebuah ilusi yang seakan-akan membuat korban berada di pasar sesungguhnya, padahal tidak tersedia kesibukan pasar di wilayah tersebut.

Terdapat termasuk cerita perihal Nyai Gadung Melati yang sering menampakkan diri di tidak benar satu gerbang utama menuju puncak Merapi. Sosok perempuan ini dikenal sebagai pemimpin pasukan gaib Keraton Merapi.

Kejadian yang sempat viral adalah kala tidak benar satu pendaki bernama Erri Yunanto terpeleset jatuh ke kawah Merapi. Kejadian selanjutnya diakui beberapa orang hal yang tidak wajar, gara-gara di sana berdiri tebing keramat bernama ‘Puncak Garuda’.

Mitos dan cerita horor Gunung Lawu
Gunung tertinggi ke-76 dunia ini berada di pada perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur. Di kalangan para pendaki, Gunung Lawu dikenal sebagai tidak benar satu gunung angker di Pulau Jawa.

Kehadiran pasar setan di jalan Candi Cetho, jadi cerita yang sering diperbincangkan warga kurang lebih dan para pendaki. Konon, kala lewat wilayah ini pendaki dapat diganggu oleh suara-suara keramaian layaknya pasar.

Gunung ini termasuk merupakan wilayah Prabu Brawijaya V sebagai raja paling akhir dari Kerajaan Majapahit lakukan moksa. Sang Prabu lakukan ritual selanjutnya setelah tidak benar satu anaknya, Raden Fatah yang kelak mendirikan Kerajaan Demak memeluk agama Islam.

Kejadian dan cerita mistis yang sempat viral di sini adalah hilangnya seorang pendaki bernama Alvi Kurniawan yang hingga saat ini belum ditemukan.

Mitos dan cerita horor Gunung Slamet
Dalam penduduk sunda gunung ini sering disebut sebagai Gunung Agung. Namun kecuali menilik makna katanya, disita dari kata Selamat. Sesuai bersama artinya, penduduk kurang lebih mempercayai gunung ini sanggup mempunyai selamat berbentuk keberkahan, keselamatan, dan ketenteraman. Meski begitu, dikenal termasuk sebagai gunung angker.

Oleh gara-gara itu, beberapa orang sering ke sini untuk lakukan ritual bersama mahluk gaib alias pesugihan. Masyarakat kurang lebih termasuk memercayai ramalan Jayabaya perihal Pulau Jawa yang dapat terbelah kecuali gunung ini meletus.

Mitos yang dipercaya di Gunung Slamet terdapat mahluk kerdil yang terdapat di jalan pendakian Guci.

Menurut cerita yang beredar, mahluk usil ini dipercaya dulunya adalah seorang pendaki yang tersesat dan mencoba bertahan hidup bersama memakan daun, hingga lama-kelamaan beralih jadi kerdil dan kehilangan jati dirinya sebagai manusia.

Mitos dan cerita horor Gunung Rinjani
Siapa yang tak kenal keindahan Gunung Rinjani? Di kalangan pendaki, gunung ini dikenal sebagai tidak benar satu gunung bersama panorama indah yang sanggup memanjakan mata.Tapi siapa sangka, ternyata gunung ini miliki banyak variasi kisah mistis.

Kisah yang sering beredar adalah cerita perihal Dewi Anjani. Ia merupakan ratu jin penguasa Gunung Rinjani. Konon ia merupakan jin baik yang sangat dihormati, lebih-lebih semua jin di kurang lebih gunung tunduk padanya.

Meskipun hanya mitos, Gunung Rinjani udah memakan puluhan korban jiwa. Beberapa di antaranya berasal dari turis asing. Penyebabnya pun beragam, jadi dari tenggelam di danau Segara Anak, hipotermia, hingga jatuh dari tebing.

Mitos dan cerita horor Gunung Arjuno
Gunung bersama ketinggian kurang lebih 3.339 meter di atas permukaan laut ini, berada di wilayah Kabupaten Malang dan Pasuruan. Pada masanya, Kerajaan Majapahit dan Kerjaan Singasari banyak meninggalkan peninggalannya di sini.

Terdapat beberapa petilasan disepanjang jalan pendakian. Sehingga gunung ini sangat dikeramatkan oleh penduduk setempat. Konon gunung ini dijaga oleh beberapa tokoh tradisi yaitu Eyang Antaboga, Eyang Abiyasa, Eyang Sekutram, Eyang Sakri, Eyang Semar, Eyang Sri Makutharama, dan beberapa tokoh lainnya.

Selain dikenal terdapat beberapa moment janggal yang terhadap umumnya berlangsung di gunung, layaknya pasar setan dan nada gamelan. Gunung Arjuna termasuk populer bersama mitos yang beredar berbentuk kuantitas pendaki tidak boleh ganjil, gara-gara dipercaya kecuali pendaki berjumlah ganjil, maka dapat digenapkan oleh mahluk gaib.

Nah itulah deretan mitos horor dan cerita mistis di gunung, meskipun angker namun jadi favorit pendaki.

Mitos-mitos yang menyelimuti beberapa gunung di Indonesia sebetulnya jadi pengingat bagi para pendaki untuk senantiasa berhati-hati. Sepatutnya kita menaati keputusan dan tidak melanggar larangan tiap tiap mendaki gunung dan senantiasa berharap pemberian keselamatan kepada Yang Maha Kuasa.

sendaru12

sendaru12

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top